Shinkansen (新幹線, sering dipanggil kereta peluru)
adalah jalur kereta api cepat Jepang yang dioperasikan oleh empat perusahaan
dalam grup Japan Railways.
Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota
di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatan tertinggi bisa mencapai 300
km/jam.
Nama Shinkansen sering digunakan untuk menyebut nama kereta
nya, sebenarnya dalam bahasa Jepang berarti nama dari jalur kereta api
tersebut.
Sejarah
Shinkansen dibuka pada 1 Oktober 1964 untuk menyambut
Olimpiade Tokyo. Jalur ini langsung sukses, melayani 100 juta penumpang kurang
dari 3 tahun sejak dibuka pada tanggal 13 Juli 1967, dan melayani satu milyar
penumpang pada 1976.
Pada mulanya Shinkanshen dari Tokyo ke Shin-Osaka (515,4km)
memakan waktu kira-kira 4 jam. Pada 1992, Shinkanshen model baru 'Nazomi' yang
dapat menghasilkan kecepatan 270 km/j telah menghasilkan perjalanan yang
singkat. Rancangan penggunaan landasan kereta api linear motor car pada abad
ke-21 yang akan datang ini diharapkan akan menambah kecepatan Shinkanshen.
Ketepatan Waktu
Pada 2003, JR Central melaporkan jadwal waktu rata-rata
Shinkansen tepat dalam 0,1 menit atau 6 detik dari waktu yang telah
dijadwalkan. Ini termasuk seluruh kesalahan alami dan manusia dan dihitung dari
seluruh 160.000 perjalanan yang dijalani oleh Shinkansen. Rekor sebelumnya dari
1997 dan tercatat 0,3 menit atau 18 detik.
Daftar Jalur Shinkansen
Jalur utama adalah:
- Tokaido Shinkansen (Tokyo-Shin-Osaka)
- Sanyo Shinkansen (Shin-Osaka-Hakata)
- Tohoku Shinkansen (Tokyo-Shin-Aomori)
- Joetsu Shinkansen (Omiya-Niigata)
- Hokuriku Shinkansen atau Nagano Shinkansen (Takasaki-Nagano)
- Kyushu Shinkansen (Hakata-Kagoshima-Chuo)
Dua jalur lebih jauh, dikenal sebagai Mini-Shinkansen (ミニ新幹線),
juga beroperasi dengan meningkatkan jalur yang telah ada:
- Yamagata Shinkansen (Fukushima-Shinjo)
- Akita Shinkansen (Morioka-Akita)
Ada dua sepur standar (standard gauge) yang secara teknis
tidak diklasifikasikan sebagai jalur Shinkansen namun dengan pelayanan
Shinkansen:
- Jalur Hakata Minami (Hakata-Hakata-Minami)
- Jalur Gala-Yuzawa - secara teknis merupakan cabang dari Jalur Joetsu - (Echigo-Yuzawa-Gala-Yuzawa)
Jalur berikut masih dalam pengembangan:
- perpanjangan Hokuriku Shinkansen (dalam konstruksi, Nagano-Kanazawa) (dalam pengembangan, Kanazawa-Osaka)
- perpanjangan Kyushu Shinkansen (dalam konstruksi, Takeo-Onsen-Isahaya) (dalam pengembangan, Isahaya-Nagasaki)
- Hokkaido Shinkansen (dalam konstruksi, Shin-Aomori-Shin-Hakodate) (dalam pengembangan, Shin-Hakodate-Sapporo
- Chuo Shinkansen (maglev, dalam pengembangan, Tokyo-Osaka)
Kebanyakan jalur Shinkansen yang diusulkan pada saat
masa-masa keemasan pada awal tahun 1970-an telah ditunda hingga waktu yang
tidak diketahui pasti. Ini termasuk hubungan ke Shikoku oleh proyek jembatan
Honshu-Shikoku, sebuah hubungan dari Shinjuku ke Omiya, dan rute yang mencakup
seluruh pesisir Laut Jepang Honshu. Namun, hanya jalur Shinkansen Narita yang
disingkirkan dari rencana secara resmi.
Sumber : id.wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar